Bersama Organisasi Internasional Perempuan Golkar Gelar Pelatihan Komunikasi Efektif

Jakarta – Dalam rangka memperingati hari perempuan internasional dan mensukseskan program Inclusive and Accountable Politics yang bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan peran perempuan dalam politik. Terutama untuk meningkatkan kapasitas politisi perempuan serta menghilangkan hambatan-hambatan gender yang selama ini dihadapi oleh politisi perempuan, baik di parlemen maupun di partai politik. Pengurus Pusat KPPG bersama Westminster Foundation For Democracy (WFD) menggelar pelatihan bertema “Effective Communication For Inflential Female Political Figures.” Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Dreamel Jakarta Jumat (12/03/2021).

Ketua Umum PP KPPG Airin Rachmi Diany menjelaskan, memiliki kapasitas komunikasi efektif wajib dimiliki kader perempuan partai Golkar. Sebab, seringkali banyak ide tentang kesetaraan gender yang sangat bagus namun karena gagal dikemas dengan baik akhirnya ide itu tidak menarik perhatian publik.

“Sering kita lihat, ide kesetaraan gender ini baik untuk perkembangan politik dan kebangsaan Indonesia. Namun gagasan yang brilian dan inovatif tersebut gagal menarik perhatian masyarakat karena kurang bagus dalam pengemasannya. Kita mendorong gagasan keseteraan gender dikemas secara sederhana agar menarik di masyarakat. Bagaimana cara mengemasnya inilah inti dari komunikasi. Dan pelatihan ini diadakan untuk tujuan tersebut.” Ujar Airin.

Namun demikian Airin juga mengingatkan bahwa kegiatan ini dalam rangka menyiapkan diri dalam momen besar pemilu legislatif 2024.

“Perempuan Golkar harus mampu memunculkan ide dan gagasan partai untuk meraih simpati publik yang berujung pada kemenangan Partai Golkar dalam pemilu. Karena sejatinya kunci terpenting dari suatu partai politik dapat meraih sukses adalah dengan mendapatkan dukungan dalam jumlah yang cukup secara cepat. Dan saya yakin kader perempuan golkar mampu melakukan itu,” tegas Airin.

Dalam paparan materinya Noveri Maulana menyampaikan tentang pentingnya menyelaraskan dan melakukan riset sebelum melakukan komunikasi efektif terutama kepada masyarakat. Karena kesamaan pandangan akan memudahkan pesan yang ingin kita sampaikan mudah diterima.

“Kesamaan pandangan dari komunikator ke komunikan akan lebih mudah diterima apabila terjadi feed back yang sempurna. Apalagi yang ingin kita tuju adalah suara dari mereka dan di momen yang waktunya sangat terbatas yaitu pemilu,” ujar Noveri.

Untuk diketahui hadir juga Lindsey Afasari Puteri Sekjen, Sekarwati Ketua Korbid Organisasi dan Politik, Itce Siti Dewi Ketua Lembaga Kajian dan Dikpol PP KPPG. Pemateri kegiatan ini Noveri Maulana Dosen di PPM School of Managemen dan Uni Zulfiani Lubis Editor media IDNTimes.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *